Posted on

Astri Ivo :”Jadi Muslimah Itu Harus Inner Dan Outer”

Astri Ivo – mantan bintang layar lebar kelahiran 21 September 1964, belakangan ini lebih memilih menghabiskan waktunya bersama keluarga. Namun begitu, tak berarti Astri surut dari dunia akting, bidang kesenian yang telah ia geluti semenjak usia 4 tahun

Di samping tak lepas mendampingi anak-anaknya, wanita yang akrab dipanggil Aci ini memiliki kesibukan di luar rumah. Hari-harinya digilir untuk mengikuti pengajian di berbagai majelis taklim di Jakarta.

Semua itu dinikmatinya dengan tanpa beban. Karena semakin mendalami agama kita seakan tetap diingatkan, dan disadarkan betapa banyak perbuatan kita yang selama ini masih tidak sebaik yang diharapkan, katanya.

Putri penyanyi Ivo Nilakresna ini pernah pula mengikuti kuliah PMA (Pendidikan Mubaliq Al-Azhar), untuk memperkaya kemampuannya di bidang ilmu retorika, fiqih, Alquran, hadits

Di sela-sela kesibukannya beraktivitas, reporter CyberMQ, Fiqi Fauzi M, berkesempatan untuk mewawancarai istri dari pengusaha Ir. Dariola ini. Berikut Petikan wawancaranya :

Putri Indonesia 2004, Artika Sari Devi, baru saja selesai mengikuti kontes ratu sejagat. Sebelumnya ada pendapat pro dan kontra dari masyarakat luas, terutama umat Islam. Mbak Astri termasuk yang menentang atau mendukung pengiriman Putri Indonesia ke ajang tahunan itu ?

Bagaimana saya bisa mendukung ? Manusia hidup itu kan harus berorientasi jangan hanya pada duniawi saja, tapi harus menyadari bahwa kita tidak selamanya disini. Kita kan harus mengikuti peraturan-peraturan dari ´┐ŻYang Memberikan kita hidup.” Jika kontes putri-putrian seperti itu ada sesi yang tidak sesuai dengan standar hidup seorang muslim, saya tentu menentang, karena harus sesuai dengan ajaran yang kita terima dan harus sesuai dengan standar hidup kita. Standar hidup kita mungkin tidak semua sama, tapi kita kaum muslimin standar hidupnya sudah jelas. Padahal jika tidak mengumbar aurat juga bisa lebih bagus, sayangnya ada hal hal yang tidak bisa kita ikuti.

Adakah aspek baik dari penyelenggaraan kontes Miss Universe ?

Dengan adanya tuntutan mereka harus cerdas, harus pintar, berwawasan lugas dan mereka bisa mempromosikan negaranya, saya gak ada masalah. Tapi apa harus melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan standar hidup kita ? Kalau kita orang muslim standar hidupnya kan Al-Quran dan Hadits.

Pernahkah ada sejarah kontes serupa, tapi yang tidak mengumbar aurat ?

Sepengetahuan saya gak ada yang mempeloporinya

Jika dikaitkan dengan penyelenggaraan kontes serupa di Indonesia bagaimana penilaian mbak ?

Sama saja, karena standar auratnya berbeda, mereka berfikir apa yang dipakai sudah layak. Saya tidak setuju, karena tidak sesuai dengan moral dan pendidikan agama.

Sebetulnya apa makna kecantikan seorang wanita dalam pandangan Mbak Astri ?

Kecantikan itu mesti dilihat dari luar secara konteks dan aspek kontent dari dalam. Jadi muslimah itu harus inner dan outer. Jangan inner saja atau sebaliknya outer saja. Jadi harus balance dalam mengisi hidupnya. Harus isi dan kulit. Itu baru dikatakan cantik.

Apa pesan Mbak Astri bagi kalangan muslimah pembaca cyberMQ ?

Kembali ke Quran, fahami, baca ingat-ingat dan laksanakan apa yang terdapat dalam Al-Quran, karena sesungguhnya semua perintah itu kebaikannya untuk kita. Semua larangan itu kebaikan, kesenangan, dan keselamatan untuk kita. Kenapa Perempuan muslim harus cerdas, harus mengerti hak hak kita dan juga mau menjalankan kewajiban kita. Kita ini muslimah harus cerdas karena kita akan menjadi seorang ibu. Ibu itu madrasah, bagaimana bisa mendidik jika tidak memiliki ilmu.

Bagaimana cara kita untuk mengcounter masuknya budaya barat ?

Ya, yang baik diambil dan yang jelek ditinggalkan. Kalau budaya-budaya barat kan banyak juga budaya-budaya islaminya, misalnya tentang disiplin, kebersihan, profesionalisme, itu kan hal-hal yang baik, tapi harus sesuai dengan standar hidup kita yaitu Al – Quran dan As-Sunnah. (red/mikha)***

About fzyqn

me and mylife

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s